Jawaban Siapa Yang Mencukur Rambut?

Berikut ini adalah jawaban bari teka teki Siapa Yang Mencukur Rambut?

Mungkin kebanyakan sobat menjawab "Pak Janson Gak Pake Cukur Rambut"
Alasan :
  • Misal Pak Janson mencukur rambut sendiri. Artinya pak janson tidak termasuk orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri. Maka Pak Janson tidak mencukur rambut Pak Janson (kontradiksi dengan permisalan).
  • Misal Pak Janson tidak mencukur rambutnya sendiri. Maka tergolong orang yang rambutnya dicukur pak Janson. Sehingga Pak Janson mencukur rambutnya juga (kontradiksi dengan permisalan).
Bagi yang mengerti pasti logika di atas sangat masuk akal. Tapi perlu di ingat, pernyataan "Pak Janson mencukur rambut semua warga desa yang tidak mencukur rambutnya sendiri" bukan berarti Pak Janson tidak dapat mencukur rambut warga yang mencukur rambutnya sendiri. Sepintas memang tidak mungkin, tetapi ternyata memang ada kondisi yang memenuhi, yaitu pada diri Pak Janson sendiri. Sederhananya, pernyataan "Pak Janson mencukur rambutnya sendiri (Pak Janson) meskipun rambut Pak Janson dicukur oleh Pak Janson" adalah tidak dapat disalahkan.

Saran : Bila yang jawaban yang diinginkan adalah "TIDAK CUKUR RAMBUT" atau "Tidak Pak Janson dan Tidak Pula Orang Lain" maka pernyataannya bukan hanya "Pak Janson mencukur rambut semua warga yang tidak mencukur rambutnya sendiri" tetapi ditambah batasan kedua "Pak Janson hanya mencukur rambut warga desa yang tidak mencukur rambutnya sendiri".